Hasil penelitian dari Balitbang Depdikbud (1986) dan Council of Curriculum Examinations and Assessment (2006) menyebutkan bahwa seorang anak cerdas istimewa dapat mempunyai beberapa dari ciri-ciri berikut ini:
- Sangat peka dan waspada
- Belajar dengan mudah dan cepat
- Mampu berkonsentrasi
- Sangat logis
- Cepat berespon secara verbal dengan tepat
- Lanc...ar berbahasa
- Mempunyai daya ingat yang baik
- Mempunyai pengetahuan umum yang luas
- Mempunyai minat yang luas dan mendalam
- Memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap ilmu pengetahuan
- Cermat atau teliti dalam mengamati
- Kemampuan membaca yang baik
- Lebih menyukai kegiatan verbal daripada kegiatan tertulis
- Mempunyai kemampuan untuk mengatasi masalah dengan sangat cepat
- Memiliki kemampuan memikirkan beberapa macam pemecahan masalah
- Menunjukkan cara pemecahan masalah yang tidak lazim
- Mempunyai pendapat dan pandangan yang sangat kuat terhadap suatu hal
- Mempunyai rasa humor
- Mempunyai daya imajinasi yang hidup dan orisinil
- Ulet menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa)
- Mempunyai tujuan yang jelas dalam tiap kegiatan atau perbuatannya
- Tidak memerlukan dorongan (motivasi) dari luar
- Tertarik pada topik-topik yang berkaitan dengan anak-anak yang berusia lebih tua darinya
- Dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang dewasa, bahkan lebih baik daripada jika berkomunikasi dengan anak sebayanya
- Bisa belajar sendiri dalam bidang-bidang yang diminati
- Berfokus pada minatnya sendiri, bukan pada apa yang diajarkan
- Mempunyai keterampilan sosial
- Mudah bosan pada hal-hal yang dianggapnya rutin
- Menunjukkan kepemimpinan yang tinggi
- Kadang-kadang tingkah lakunya tidak disukai orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar